9 April 2014. Itulah tanggal
pemilihan legislatif dan juga pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik
Indonesia. Pada tanggal tersebut pesta demokrasi akan berlangsung dan semua
akan bertarung untuk memperebutkan kursi panas yang bahkan lebih panas dari
kursi panas yang ada dalam Who Wants To Be A Millionaire besutan Tantowi Yahya
sekalipun. Apa fenomena urban yang bisa kita tarik dari pemilihan umum ini?
Apakah itu? Benar! Stiker kampanye! Anda makin hari makin menangkap pemikiran saya, bagus!
Secara
etimologis kampanye berasal dari bahasa Perancis yaitu campagne yang diduga terambil dari bahasa Italia champagne yang berarti lapangan, operasi
militer. Kata ini berakar dari bahasa Latin champagne
yang dituturkan di daerah sekitar kota Naples atau yang kita kenal Napoli berarti medan terbuka, medan perang, atau
lapangan, yang dalam perkembangannya bermakna :
- Serangkaian operasi militer, sering kita mendengarnya dalam bhasa Inggris sebagai 'military campaign'
- Suatu operasi yang dirancang untuk menghasilkan sesuatu yang mudah ditentukan. Sinonim dari kampanye adalah, crusade, drive, push (mendorong).
Stiker kampanye merupakan media propaganda terkecil,
termurah dan mass product yang disebarkan pada saat sebelum pemilihan umum
dimulai. Hal ini lumrah terjadi dimana masyarakat akan dijejalkan dengan
kampanye-kampanye yang diharapkan dapat menarik peratian mereka untuk
mencoblos (bukan mencontreng lagi lho).
Berikut akan saya tampilkan
beberapa contoh stiker kampanye yang saya temui akhir-akhir ini.
Sumber: Koleksi Easy Tiger, Asia #1 Stickers Museum
Stiker diatas merupakan merupakan hasil donasi dari seorang karib yang kebetulan berada di lokasi kejadian yaitu Bandung sewaktu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat untuk periode 2013-2018. Sebuah pertarungan yang alot memang dimana akhirnya Ridwan Kamil lah yang memenangkan pertarungan ini (dan saya tidak memiliki stikernya, sayang sekali).
Banyak alasan, mengapa para caleg (calon legislatif) memilih stiker sebagai media kampanye,
salah satunya adalah efektif dalam menyampaikan pesan kampanye. Stiker merupakan media terkecil yang bisa langsung dengan cepat menyusup ke sendi-sendi keseharian masyarakat, berbeda dengan banner, spanduk, baliho, ataupun radio dan televisi, stiker lebih cepat karena ia kecil dan menempel dimana-mana dan hampir tidak membutuhkan media apapun sebagai perantara, cukup space yang kering untuk ditempel saja. Sesimpel itu. Namun sangat mematikan efeknya sebab bisa merasuki keseharian kita dari warung makan, pos ronda sampai ke WC umum sekalipun. Bayangkan betapa annoying-nya stiker ini bagi kita. Namun inilah cara yang dipilih oleh para tim kampanye. Berusaha untuk menyebarluaskan kampanye seluas-luasnya tanpa mengenal batas dimensi. Benar-benar profesional. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat stiker kampanye, semuanya dijabarkan berikut ini:
1 Desain
Ini merupakan jantung daripada stiker kampanye itu sendiri. Desain yang menarik akan
membuat masyarakat tertarik untuk melihatnya, sehingga konten kampanye akan mudah terbaca walaupun dengan sekilas hanya melihat huruf atau warna atau kemasannya.Begitulah seharusnya desain stiker dibuat, dengan desain yang benar-benar eye catching.
2 Bahan
Baku
Bahan baku stiker yang berkualitas tinggi menunjukkan keseriusan sang pembuat kampanye tentang sejauh mana detail yang diperhatikan tentang media kampanye itu sendiri. Stiker yang berkualitas buruk tentu mencerminkan ketidakprofesionalan tim kampanye dan mungkin berdampak tidak langsung pada image stakeholder diatasnya.
Well, sekian dari saya kali ini, sebab bukannya membahas fenomena urban yang terjadi dibalik stiker kampanye, saya malah ngalor ngidul memperhatikan apa yang harus dicatat untuk membuat stiker kampanye. Sebenarnya ranah politik ini malas bagi saya untuk membahasnya, untuk itulah saya sedikit lari dari tema yang saya usung. Tak apa, toh saya juga tidak terlalu menyukai politik. Namun, semoga info diatas berguna bagi Anda penikmat stiker sebab stiker kampanye merupakan fenomena yang tidak bisa kita ingkar. Oke? Selamat dijejali dengan stiker kampanye!
Saya berharap pada saat sebelum pemilu legislatif dimulai saya bakal menerima selembar stiker penuh gambar partai yang dikeluarkan resmi oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum). Ingin sekali memilikinya sebagai arsip di museum kami, Easy Tiger, Asia #1 Stickers Museum.
ReplyDeleteSaya usulkan link ini untuk dibaca http://www.tempo.co/read/news/2014/02/23/269556822/Komedi-Satir-untuk-Caleg-Sinau-Dadi-Ratu
ReplyDeleteDisitu Anda akan menemukan situasi politik yang pas dengan keadaan sekarang menjelang pemilihan umum.